Dalam kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi moving shapes atau perpindahan objek dalam netbeans.
Moving shapes merupakan salah-satu komponen metode dalam "Mobile Game Programming" yaitu memindahkan objek dari sumbu awal ke sumbu yang dituju. Untuk membuat aplikasi moving shapes diperlukan metode Threads dengan memindahkan dari sumbu x ke sumbu y dan atau memindahkan dari sumbu xDirection ke yDirection.
Untuk lebih jelasnya, silahkan untuk mencoba aplikasi dibawah ini dengan menggunakan NetBeans.
package movingshape;
import java.applet.Applet;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
public class Movingshape extends Applet implements Runnable{
int width = 400;
int height = 300;
int x = 100;
int y = 100;
public void init(){
setSize(width, height);
setBackground(new Color(85, 120, 40));
}
public void start(){
Thread t = new Thread(this);
t.start();
}
public void stop(){
}
public void paint(Graphics g){
g.setColor(new Color(65, 85, 240));
g.fillRect(x, y, 40, 40);
}
int xDirection = 1;
int yDirection = 1;
public void run(){
Thread.currentThread().setPriority(Thread.MIN_PRIORITY);;
while(true){
if(x <= 0 || x + 40 >= width){
xDirection *= -1;
}
if(y <= 0 || y + 40 >= height){
yDirection *= -1;
}
x = x + xDirection;
y = y + yDirection;
repaint();;
try{
Thread.sleep(30);
}catch (Exception e){
}
}
}
}
Dan Hasilnya seperti Gambar diatas.
Demikian Cara membuat aplikasi moving shapes dengan menggunakan netbeans.
0 komentar:
Post a Comment