Kumpulan Informasi Loker dan Kuliah di Indonesia

Monday, March 9, 2015

Event Driven

5:22:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Event sebagai suatu sinyal kepada program bahwa sesuatu telah terjadi. 
Even dipicu oleh aksi pengguna eksternal, seperti:
  1. Penggerakan Mouse
  2. Pengklikan tombol
  3. Penekanan papan-kunci
Event yang dipicu oleh aktivitas internal, seperti timer.

Contoh event driven menggunakan tombol:
 ========================================================================

KendaliLingkaran1.java
import javax.swing.*;

import java.awt.*;

 public class KendaliLingkaran1 extends JFrame {

 private JButton jbtPerbesar = new JButton("Perbesar");

 private JButton jbtPerkecil = new JButton("Perkecil");

 private PanelLingkaran kanvas = new PanelLingkaran();

 public KendaliLingkaran1() {

 JPanel panel = new JPanel(); // Menggunakan panel untuk mengelompokkan tombol-tombol

 panel.add(jbtPerbesar);

 panel.add(jbtPerkecil);

 this.add(kanvas, BorderLayout.CENTER); // Menambah kanvas ke tengah

 this.add(panel, BorderLayout.SOUTH); // Menambahkan tombol ke frame

 }
/** Metode utama */

 public static void main(String[] args) {

 JFrame frame = new KendaliLingkaran1();

 frame.setTitle("KendaliLingkaran1");

 frame.setLocationRelativeTo(null); // Pusat frame

 frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

 frame.setSize(200, 200);

 frame.setVisible(true);

 } }

 class PanelLingkaran extends JPanel {

 private int radius = 5; // Radius lingkaran default

 /** Menggambar lingkaran */

 protected void paintComponent(Graphics g) {

 super.paintComponent(g);

 g.drawOval(getWidth() / 2 - radius, getHeight() / 2 - radius,

 2 * radius, 2 * radius);

 } }
 ========================================================================
 Hasilnya:
Kendali Lingkaran


0 komentar:

Post a Comment